RSS

Strategi Indonesia Menjadi Lebih Baik

15 Okt

Menurut saya, Menjadi warga Negara yang baik, yaitu menjadi warga Negara yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, peduli terhadap lingkungan, baik manusia di sekitar, maupun lingkungan alam di sekitar kita, peka terhadap setiap gejala sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat, selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, dan selalu bertindak adil dan berani dalam setiap perbuatan yang disertai tanggung jawab. Memperhatikan berbagai situasi dan kondisi masyarakat di sekitar, terutama kondisi pemudanya tidak dapat dikatakan baik, hal ini dapat dilihat masih banyaknya pemuda yang tidak memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan baik. Anak muda saat ini masih banyak yang menghabiskan waktu dan uang nya hanya sekedar happy namun tidak bermanfaat, juga masih banyak pemuda yang nongkrong di warung-warung sambil menghabiskan waktu dengan cara bermain kartu atau hanya sekedar ngobrol-ngobrol yang tidak jelas. Tentu hal ini sangat disesalkan karena pemuda yang seharusnya merupakan tunas pemimpin masa depan yang seharusnya dapat memanfaatkan masa mudanya dengan melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat malah membuang-buang waktunya secara percuma.

Sebagai pemuda, kita wajib belajar, berlatih dan berjuang tanpa henti, juga aktif dalam menyampaikan pendapat, membuka saluran ekspresi, dan mendorong partisipasi masyarakat untuk membenahi persoalan-persoalan yang muncul di lingkungan kita. Salah satu cara menyampaikan pendapat dan membuka saluran ekspresi yang paling layak menurut saya adalah dengan ikut berpartisipasi dalam organisasi-organisasi pemuda, dalam organisasi ini, kita dapat menyampaikan pendapat kita dalam rapat organisasi tersebut dan kemudian akan disampaikan kepada pemerintah yang berwenang untuk membuat berbagai macam kebijakan di Indonesia. Dalam organisasi ini, kita juga dapat membuka saluran ekspresi kita dengan cara membuat acara-acara yang kreatif dan innovatif yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa Indonesia.

            Para pemuda yang nota bene adalah tunas pemimpin masa depan, harus mampu menyiapkan diri untuk dapat menjadi penerus dan pemimpin yang baik di masa depan. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang pemuda adalah menjadi aktivis di bidangnya masing-masing agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Aktivis yang dimaksud, tidaklah hanya aktivis organisasi tetapi juga sebagai aktivis yang memiliki pengertian lebih luas, seperti mengajar, maupun aktivis kesenian. Hal yang paling penting adalah bagaimana para pemuda yang menjadi aktivis tersebut dapat melakukan suatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

            Para pendiri bangsa ini mengamanatkan bahwa Indonesia adalah Negara yang plural. Pancasila dan UUD 1945 dengan gagah menyiratkan bahwa Indonesia adalah Negara yang bangga akan keanekaragaman. Bangsa yang plural adalah sebagai suatu kelebihan dan kebanggaan bangsa Indonesia terhadap bangsa lain. Namun, belakangan ini kebanggaan dan hormat pada keanekaragaman perlahan terkikis oleh pengaruh lingkungan dan perubahan, dimana kecerdasan sains telah jauh melampaui kecerdasan sosial dan hal ini semakin diperparah dengan kita telah lengah bahkan lalai dengan Kearifan Lokal Indonesia. Banyak terjadi tindakan-tindakan anarkis yang berhubungan dengan SARA. Hal ini patut disesalkan karena kita sebagai satu bangsa tidak sepatutnyalah saling membenci satu sama lain, bahkan hal ini dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa yang dahulu telah diperjuangkan oleh pendiri bangsa kita.

            Para pemuda, sebagai penerus dan pelurus bangsa ini, harus memandang hal ini secara sungguh sungguh, dan pemuda harus tampil di barisan terdepan untuk kembali menampilkan semangat persatuan dan kesatuan di Indonesia. Para pemuda, baik pelajar maupun mahasiswa, dapat melakukan hal-hal yang dapat menumbuhkan kembali toleransi dan kebanggaan akan keanekaragaman yang berbasis Kearifan Lokal Indonesia. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh para pemuda adalah membuat suatu acara yang menampilkan berbagai macam hal, baik berupa kesenian, makanan khas, pakaian adat, dan sebagainya, yang berhubungan dengan semua daerah yang ada di Indonesia sebagai jati diri bangsa. Dengan adanya acara ini diharapkan persatuan dan kesatuan antar daerah dapat kembali terjalin dan terwujud sehingga bangsa Indonesia dapat kembali bangga akan keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh bangsa lain dan tidak boleh dirampas oleh bangsa lain.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 15, 2013 in Ilmu Budaya Dasar

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: