RSS

Kasus Mengenai Sumber Daya Alam

07 Mei

mencari-sampah-plastik_full

Contoh Pencemaran Lingkungan Karena Banyaknya Sampah

Berbagai macam kerusakan lingkungan disebabkan oleh ulah manusia yang tanpa sadar mereka telah merugikan dirinya sendiri dan terlebih lagi untuk lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa contoh kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh ulah manusia. Pertama, masalah sampah yang tiap hari kian menumpuk. Walaupun sudah beribu-ribu kali digalakan instruksi untuk membuang sampah pada tempatnya, hingga saat ini masih saja banyak masalah yang ditimbulkan karena banyaknya sampah. Akibat tidak adanya penanganan sampah yang benar, tumpukan-tumpukan sampah tersebut akan mengakibatkan adanya pencemaran lingkungan seperti bau busuk sampah yang mengganggu warga sekitar, terjangkitnya penyakit, tersumbatnya saluran air dan selokan oleh sampah yang nantinya akan berakibat banjir, dan merusak keindahan lingkungan dan kenyamanan pemukiman.

pangolin2009Kerusakan Lingkugan

Contoh eksploitasi flora dan fauna yang berlebihan

Contoh kerusakan lingkungan berikutnya adalah eksploitasi flora dan fauna yang berlebihan. Saat ini banyak kasus penebangan liar dan perburuan illegal yang akan berdampak pada punahnya flora dan fauna. Hal ini akan mengakibatkan kelangkaan fauna dan flora terutama flora dan fauna yang dilindungi. Dan yang paling mengkhawatirkan adalah generasi muda kita tidak akan mengenal beberapa jenis flora dan fauna yang sudah punah akibat ulah manusia.

 udarakotor   polusi

Contoh Pencemaran atau Polusi

Contoh kerusakan alam yang terakhir yang disebabkan oleh ulah manusia adalah pencemaran. Pencemaran juga bisa disebut sebagai polusi. Pencemaran atau polusi biasanya terjadi karena semakin padatnya penduduk namun tidak didukung oleh bagusnya kualitas lingkungan serta tidak didukung oleh adanya aturan pemanfaatan sumber daya alam dengan bijak dan smart. Dengan kata lain, pencemaran bisa diminimalisasi dengan cara pemanfaatan SDA yang berwawasan lingkungan.

Pencemaran lingkungan terbagi menjadi beberapa macam: pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran suara. Pencemaran-pencemaran tersebut akan membuahkan dampak negative pada kita. Dampak/ akibat adanya pencemaran antara lain: adanya tanah kritis, penyimpangan iklim, hujan asam, dan menipisnya lapisan ozon pada atmosphere bumi. Karena begitu banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh kerusakan alam, maka dari itu kita sebagai generasi muda wajib mencegah dan menjaga lingkungan hidup kita demi kita sendiri dan generasi-generasi setelah kita. Cara menjaga lingkungan yang baik yaitu dengan cara menggunakan/memanfaatkan SDA dengan smart dan bijak tanpa harus mengeksploitasinya secara berlebihan.

Dan untuk mencegah adanya kerusakan lingkungan, sebaiknya kita regenerasi kembali unsur-unsur alam yang mampu merecovery kerusakan alam yang sudah terjadi sebelumnya. Mulai dari sekarang mari kita manfaatkan lingkungan secara baik dan benar serta tetap berwawasan lingkungan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 7, 2015 in Ilmu Budaya Dasar

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: